Pola Nomor Mengejutkan Bagian I - Pola Bilangan Menakjubkan Bag. 1

Ada kalanya pesona matematika terletak pada mengejutkansifat sistem nomornya. Tidak banyak kata-kata yang dibutuhkan untuk menunjukkanpesona ini. Hal ini jelas dari pola tercapai. Melihat, menikmati, danmenyebarkan sifat-sifat luar biasa untuk siswa Anda. Biarkan mereka menghargaipola dan, jika mungkin, cobalah untuk mencari "penjelasan" untuk ini. Palingpenting adalah bahwa siswa bisa mendapatkan penghargaan untuk keindahan dalampola-pola nomor.

1 . 1 = 1
11 . 11 = 121
111 . 111 = 12 321
1 111 . 1 111 = 1 234 321
11 111 . 11 111 = 123 454 321
111 111 . 111 111 = 12 345 654 321
1 111 111 . 1 111 111 = 1 234 567 654 321
11 111 111 . 11 111 111 = 123 456 787 654 321
111 111 111 . 111 111 111 = 12 345 678 987 654 321

1 . 8 + 1 = 9
12 . 8 + 2 = 98
123 . 8 + 3 = 987
1 234 . 8 + 4 = 9 876
12 345 . 8 + 5 = 98 765
123 456 . 8 + 6 = 987 654
1 234 567 . 8 + 7 = 9 876 543
12 345 678 . 8 + 8 = 98 765 432
123 456 789 . 8 + 9 = 987 654 321

Perhatikan (bawah) bagaimana berbagai produk dari 76.923 nomor hasil dalam yang samamemesan tetapi dengan titik awal yang berbeda. Di sini digit pertama dari produkpergi ke akhir nomor untuk membentuk produk berikutnya. Jika tidak,urutan angka utuh.

76 923 . 1   = 076 923
76 923 . 10 = 769 230
76 923 . 9   = 692 307
76 923 . 12 = 923 076
76 923 . 3   = 230 769
76 923 . 4   = 307 692

Pemberitahuan (bawah) bagaimana berbagai produk dari 76.923 hasil nomor yang berbeda
dari yang di atas, sekali lagi, dalam urutan yang sama tetapi dengan berbeda mulai
titik. Sekali lagi, digit pertama dari produk pergi ke ujung nomor
untuk membentuk produk berikutnya. Jika tidak, urutan angka utuh.

76 923 . 2  = 153 846
76 923 . 7  = 538 461
76 923 . 5  = 384 615
76 923 . 11 = 846 153
76 923 . 6  = 461 538
76 923 . 8  = 615 384

Nomor aneh lainnya adalah 142.857. Ketika dikalikan dengan angka
2 sampai 8, hasilnya mencengangkan. Pertimbangkan produk berikut
dan menggambarkan keganjilan tersebut.

142 857 . 2 = 285 714
142 857 . 3 = 428 571
142 857 . 4 = 571 428
142 857 . 5 = 714 285
142 857 . 6 = 857 142

Anda dapat melihat simetri dalam produk tetapi perhatikan juga bahwa sama
digit yang digunakan dalam produk seperti faktor pertama. Selanjutnya, pertimbangkan
urutan digit. Dengan pengecualian dari titik awal, mereka
dalam urutan yang sama.
Sekarang melihat produk,
142 857 . 7 = 999 999. Terkejut?
Ia mendapat lebih aneh dengan produk,
142 857 . 8 = 1 142 856. Jika kita
menghapus jutaan digit dan menambahkannya ke unit digit, nomor asli terbentuk.
Ini akan menjadi bijaksana untuk memungkinkan para siswa untuk menemukan pola sendiri.
Anda bisa menyajikan titik awal atau petunjuk bagaimana mereka harus memulai dan
kemudian membiarkan mereka membuat penemuan itu sendiri. Ini akan memberikan mereka rasa "kepemilikan" dalam penemuan. Ini hanya beberapa angka yang menghasilkan
produk aneh.

Sumber : http://stenlyivan.wordpress.com Terjemahan google

Comments