RPP FISIKA SMA arus dan tegangan bolak balik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :     SMA ……….
Mata Pelajaran       :     Fisika
Kelas/Semester            :           XII/1
Alokasi Waktu             :           2 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI     
2.      Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
KOMPETENSI DASAR         
2.3  Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya.

A.  Indikator                                
1. Kognitif:
a.   Produk 
1)      Mendeskripsikan pengertian arus dan tegangan bolak-balik.
2)      Melakukan percobaan mengenai rangkaian arus bolak-balik tarhadap penggunaan resistor, induktor, dan kapasitor. 
3)      Menginterpretasikan grafik fasor hubungan antara arus dan tegangan sebagai fungsi waktu terhadap beda fase dalam rangkaian arus AC.  
4)      Mendeskripsikan pengaruh beda fase terhadap proses jalannya arus dan tegangan pada rangkaian arus bolak-balik.
5)      Mengenal dan menentukan jenis dan sifat rangkaian arus bolak-balik.
6)      Mengkaji pengaruh beda fase terhadap jalannya arus dan tegangan, jika dihubungkan dalam rangkaian arus AC yang disusun terpisah dan disusun seri.
7)      Mengkaji prinsip resonansi rangkaian seri RLC.
8)      Mengaplikasikan konsep faktor daya dalam permasalahan sehari-hari
9)      Mengkaji lebih lanjut konsep arus dan tegangan bolak-balik serta aplikasinya melalui  browsing dari internet.

b. Proses
Melakukan percobaan untuk mengetahui rangkaian arus bolak-balik (AC):
1)      Merumuskan masalah
2)      Merumuskan hipotesis
3)      Mengidentifikasi variable-variabel
4)      Menyusun data percobaan
5)      Membuat grafik
6)      Menganalisis data
7)      Menyimpulkan

2. Psikomotor:
a.       Melakukan percobaan pada rangkaiaan arus bolak-balik (AC).
b.      Mengukur tegangan pada rangkaian resistor.
c.       Mengukur tegangan pada rangkaian induktor.
d.      Mengukur tegangan pada rangkaian kapasitor.
e.       Mengukur tegangan pada rangkaian RLC yang disusun secara seri.


3. Afektif:
a.       Karakter: Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun.
b.      Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain.
s     SELENGKAPNYA DAPAT DI DOWNLOAD DI SINI GRATIS
    Terimakasih telah mengunjungi blog kami. kunjungan berikutnya kami tunggu.. kamis siap menerima saran dan kritikan pembaca 
s
s

Comments