Detik-detik Menjelang UN SMA 2013


Ujian Nasional (UN) tinggal satu hari lagi. Senin 15 April 2013 sampai kamis 18 april 2013  secara serentak se-Indonesia, siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat akan mengadu nasib lulus atau tidak lulusnya meraka selama tiga tahun menimba ilmu di sekolah. Yang berbeda kali ini dari tahun  sebelumnya banyaknya paket soal UN di tahun ajaran ini tidak lagi dua atau lima jenis. Akan tetapi, jumlahnya sebanyak 20 paket sebanyak siswa didalam ruang ujian.
Dengan jumlah paket soal sebanyak 20 tersebut, menjadi hantu bagi siswa karena selama ini mereka ujian terbiasa dengan hal contek mencontek sesama teman kelas bahkan antar kelas dengan jurusan yang sama, tahun ini kode soal yang 20 paket diberi kode dengan barcode, pada tahu sebelumnya pake A, Paket B, paket C, paket D, dan Paket E.
Ada sebuah cerita nyata ketika hari sabtu pengambilan nomor peserta ujian, seorang siswa menghadap wali kelasnya di kantor, buk gimana nasib kami buk, orang tua kami lagi tidak punya uang, mereka punya uang tapi tidak cukup buk kurang Rp. 300.000,- buk sambil menyapu air matanya yang membasahi pipinya. Dari cerita itu ada hal yang membebani mental siswa menghadapi UN selain paket soal yang 20 paket dengan kode barcode siswa terbebani dengan mental yang tidak punya uang untuk memayar SPP dan Ujian UN bagi siswa sekolah swasta.

Comments