Gelombang pada tangki riak


1.      bagaimana gejala gelombang yang terbentuk pada percobaan pemantulan gelombang datar?
2.      Bagaimana bentuk gejala pemantulan gelombang yang terjadi pada bidang lengkung?
3.      Bagaimana bentuk gejala pemantulan gelombang yang terjadi celah sempit?
4.      Bagaimana bentuk gejala pemantulan gelombang yang terjadi pada dua celah?
5.      Apa hubungan antara panjang gelombang terhadap frekuensi gelombang?
Jawab :
1.      Gejala gelombang yang terbentuk pada percobaan pemantulan gelombang datarmenghasilkan gelombang datar yangkoheren dimana gelombang di pantulkan sejajar dan sama besar dengan gelombang masuknya.
2.      Bentuk gejala pemantulan pada gelombang lengkung yaitu gelombang yangkoheren dipantulkan oleh sudut lengkungan dan gelombang pantulnya akan menjadi duagelombang yang terpisah dan semakin lama akan terbentuk gelombang yang koheren pula.
3.      Pada percobaan gejala pemantulan gelombang celah sempit diperoleh hasil bahwa gelombang yang masuk kecelah tersebutmerupakan gelombang koheren sedangkan ketika gelombang tersebut melewati satu celahtersebut maka bentuk gelombangnya berubah menjadi gelombang tunggal.Difraksi tidak begitu jelas terlihat, dikarenakan muka gelombang yang melalui celah hanya melentur di bagian tepi.
4.      Gejala difraksi pada dua celah sempit menghasilan dua buahgelombang baru dengan bentuk gelombang yang dihasilkan yaitu berbentuk gelombang kecil kegelombang besar. Hal ini disebabkan oleh muka gelombang yang melewati celah sempit akandipancarkan sehinggadifraksi terihat sangat jelas dikarenakan berukuran dekat dengan orde panjang gelombang. celah bertindak sebagai sumber gelombang berupa titik, dan muka gelombang yang melalui celah dipancarkan berbentuk lingkaran-lingkaran dengan celah tersebut sebagai pusatnya
5.      hubungan antara panjang gelombang terhadap frekuensi gelombang adalah ketika frekuensi nya diperbesar maka panjang gelombang semakin kecil, dan sebaliknya, bila frekuensi diperkecil maka panjang gelombang semakin besar.

Comments