Vector Penambahan: 6 + 8 =?

Sebagian besar dari kita terbiasa dengan bentuk matematika berikut:
6 + 8 = 14.

Namun, kami sangat gelisah tentang bentuk matematika:
6 + 8 = 10

dan

6 + 8 = 2

dan

6 + 8 = 5.

Ketika kita menjadi mahasiswa fisika dan pendekatan tugas menambahkan besaran vektor, kami segera menyadari fakta bahwa penambahan dua besaran vektor dengan besaran 6 dan 8 tidak akan selalu menghasilkan jawaban dari 14. Aturan untuk menambahkan besaran vektor yang berbeda dari aturan untuk menambahkan dua jumlah deret hitung. Dengan demikian, vektor dengan besaran 6 + 8 tidak akan selalu berjumlah 14.

Vektor adalah jumlah yang meliputi arah. Dengan demikian, penambahan dua atau lebih vektor harus memperhitungkan bahwa jumlah yang ditambahkan memiliki karakteristik terarah. Ada sejumlah metode untuk melaksanakan penambahan dua (atau lebih) vektor. Metode yang paling umum adalah metode head-to-ekor penjumlahan vektor. Menggunakan metode seperti ini, vektor pertama diambil untuk skala dalam arah yang tepat. Vektor kedua ini kemudian ditarik sedemikian rupa sehingga ekornya diposisikan di kepala (vektor panah) dari vektor pertama. Jumlah dari dua vektor tersebut kemudian diwakili oleh vektor ketiga yang membentang dari ekor vektor pertama ke kepala vektor kedua. Ini vektor ketiga ini dikenal sebagai resultan - itu adalah hasil dari penambahan dua vektor. Resultan adalah jumlah vektor dari dua vektor individu. Tentu saja, besarnya aktual dan arah resultan adalah tergantung pada arah yang kedua vektor individu memiliki.

Ini prinsip penambahan head-to-ekor vektor digambarkan dalam animasi di bawah ini. Dalam setiap frame dari animasi, vektor dengan besaran 6 (berwarna hijau) ditambahkan ke vektor dengan besaran 8 (warna biru). Resultan ini digambarkan oleh vektor hitam yang membentang dari ekor vektor pertama (8 unit) ke kepala dari vektor kedua (6 unit).

Seperti dapat dilihat dari animasi ini, 8 + 6 bisa sama dengan 14, tetapi hanya jika kedua vektor diarahkan dalam arah yang sama. Semua yang dapat dikatakan dengan pasti adalah bahwa 8 + 6 dapat menambahkan hingga vektor dengan besaran maksimum 14 dan berkekuatan minimal 2. Maksimum diperoleh ketika dua vektor diarahkan ke arah yang sama. The s minimum diperoleh ketika dua vektor diarahkan ke arah yang berlawanan.
Sumber : physicsclassroom (terjemahan)

Comments