ENERGI DAN USAHA

ENERGI DAN USAHA :: Hari-Hari Salim-ay

Untuk melakukan gerak, semua makhluk hidup maupun benda mati membutuhkan energi. Makanan, minyak tanah, bensin, matahari merupakan sumber-sumber energi. Energi tidak pernah habis, hanya berubah bentuk. Benda yang memiliki energi dapat melakukan usaha.
Bab ini akan membahas tentang energi, macam-macam energi, bagaimana energi hingga dapat menimbulkan usaha, serta penggunaan pesawat sederhana untuk memaksimalkan usaha.
A. Energi dan Perubahannya
Sehabis makan kita akan merasa kuat dan siap melakukan aktivitas (kerja). Namun, setelah melakukan sejumlah aktivitas tubuh kita terasa lemas, loyo, dan tidak cukup kuat untuk bekerja lagi. Mengapa demikian?
Sehabis bekerja, kita menjadi lemah karena kehabisan tenaga. Istilah lain dari tenaga adalah energi. Energi yang ada di dalam tubuh kita berasal dari makanan. Oleh karena itu, setelah makan tubuh kita menjadi kuat kembali.
Kalian tentu pernah melihat aki yang soak. Aki yang soak telah habis energinya. Aki yang soak tidak dapat digunakan untuk menyalakan radio atau mobil. Jika dipaksakan, suara radio atau mobil menjadi tidak normal, bahkan tidak berbunyi sama sekali. Biasanya aki yang soak kita bawa ke tukang aki. Kemudian, aki diisi lagi dengan menggunakan listrik PLN

Comments