Suhu dan Kalor

Kita sering salah mengartikan atau tidak tahu perbedaannya antara suhu dengan kalor/panas. Sebelum abad ke-17 banyak yang berpendapat bahwa kalor merupakan sebuah zat (benda) yang dapat mengalir atau dapat berpindah dari suatu benda ke benda yang lain, yaitu dengan cara mengalir dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang bersuhu rendah jika kedua benda disentuhkan. Pendapat tersebut banyak ditentang oleh para ilmuwan, berdasarkan bukti-bukti empirik yang berhasil dikumpulkannya. Kita sering salah mengartikan atau tidak tahu perbedaannya antara suhu dengan kalor/panas. Sebelum abad ke-17 banyak yang berpendapat bahwa kalor merupakan sebuah zat (benda) yang dapat mengalir atau dapat berpindah dari suatu benda ke benda yang lain, yaitu dengan cara mengalir dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang bersuhu rendah jika kedua benda disentuhkan. Pendapat tersebut banyak ditentang oleh para ilmuwan, berdasarkan bukti-bukti empirik yang berhasil dikumpulkannya.
Sebelum memahami istilah-istilah yang berhubungan dengan suhu terlebih dahulu kita harus memahami pengertian zat. Definisi zat adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Kenyataannya adalah ketika benda diberi kalor (dari benda dingin menjadi benda panas) ternyata benda tersebut tidak bertambah massanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kalor bukan merupakah sebuah zat. Teori yang berkembang dan dipakai sampai sekarang adalah:
Kalor merupakan bentuk dari sebuah energi. Apabila tangan kita menyentuh es, maka akan terasa dingin karena es mempunyai suhu rendah. Jika tangan kita menyentuh air yang mendidih akan terasa panas karena air panas mempunyai suhu yang tinggi.

Suhu adalah keadaan panas dinginnya suatu benda atau derajat panas suatu benda.

Satuan suhu dalam Sistem Internasional (SI) adalah Kelvin (K), satuan suhu lainnya yang sering digunakan adalah celcius (0C), reamur (0R) dan fahrenheit (0F). Dalam kehidupan sehari-hari di negara kita menggunakan satuan 0C (derajat celcius), sedangkan beberapa negara Eropa, seperti Negara Inggris menggunakan satuan 0F (derajat fahrenheit).

Comments