Metode pemecahan masalah (problem solving) dan langkah-langkah yang ditempuh dalam metode problem solving

Metode pemecahan masalah (problem solving) merupakan cara memberikan pengertian dengan menstimulasi anak didik untuk memperhatikan,menelaah dan berpikir tentang suatu masalah umtuk selanjutnya menganalisis mesalah tersebut sebagai upaya untuk memecahkan masalah.
Metode problem solving bukan hanya metode mengajar tetapi juga merupakan metode berfikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mengumpulkan data sanpai kepada menarik kesimpulan
            Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam metode problem solving adalah ssebagai berikut :
a.              Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan. Masalah ini harus tumbuh dari siswa sesuai dengan taraf kemampuannya.
b.             Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Misalnya dengan jalan membaca buku-buku, meneliti, bertanya, berdikusi, dan lain-lain.
c.              Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut. Dugaan jawaban itu tentu saja didasarkan kepada data yang telah diperoleh.
d.             Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut. Dalam langkah ini siswa harus berusaha memecahkan masalah sehingga betul-betul yakin bahwa jawaban tersebut  itu betul-betul cocok.
e.              Menarik kesimpulan. Artinya siswa harus sampai kepada kesimpulan terakhir tentang jawaban dari masalah tadi.
(Abdul Majid. 2009.142-143Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya)

Comments